Tips Move On Dengan Cepat

Hari ini dapet twit dari mahasiswa saya, “Pak ada kisi kisi buat move on ga”. Jadi kepikiran bikin tips buat move on.

Kata orang bijak tidak ada perjumpaan tanpa perpisahan, nah yang jadi masalah adalah bagaimana kita bisa pisah, lalu melanjutkan hidup dengan tenang tanpa “kesuat-suat” lagi, tanpa sedih lagi, tanpa penyesalan, dan perasaan membunuh lainnya. Ini adalah masalah umum yang dihadapi anak muda, tapi banyak yang ga tau caranya dan yang lebih menyedihkan adalah kalau sampai mengganggu perkuliahan. Jadi sekarang saya mau share aja cara-cara saya untuk melupakan seseorang yang pernah saya sayangi, sebenernya perasaannya aja yang hilang tapi kenangannya tetap saya simpan (cieee si bapak…).

Harus diingat, cara saya ini pada awalnya akan membuat hubungan kalian menjadi retak dulu, tapi ini adalah tindakan yang perlu dilakukan agar tujuan tercapai, yaitu move on. Akan sangat sulit kalau kita pengen move on tapi sejak awal putus, kita masih aja terus berkomunikasi dengan orang itu. Jadi putusin segalanya! ga hanya soal cinta, status, tapi juga komunikasi dll. Nanti kalau kamu udah merasa ga ada “feeling” lagi ama orang itu, baru jalin lagi hubungan kalian tapi pastinya sebatas pertemanan.

1. Jangan liat.

Usahakan jangan liat orangnya, kalau kita liat orangnya pasti kenangan lama dengan orang itu akan muncul lalu akan memicu perasaan dalam benak kita, jadilah kita galau. Jadi usahakan jangan liat orangnya, hindari tempat dia ngumpul bareng temennya, rute rutinnya dia, dan sebagainya. Pokoknya jangan sampai liat. Agak sulit kalau sekelas tapi tetap bisa dihindari dan diminimalisir. Kalau terpaksa banget atau ga sengaja liat , biasanya akan memicu berbagai kenangan jangan biarkan diri kamu terlarut ama pikiran kamu, kamu yang menguasai pikiran kamu, kuasai pikiran kamu maka kamu bisa menguasai perasaan kamu.

2. Jangan denger dan jangan ngomongin

Jangan denger namanya, sama seperti melihat, denger namanya juga akan membuat otak kita otomatis menggali “foto” tentang dia yang akhirnya sama seperti melihat dan ujung-ujungnya juga sama, jadi galau karena perasaan yang dibangkitkan ama pikiran kita. Ngomongin pun sama, saat mau nyebut namanya, atau sesuatu yang berhubungan dengan dia, otak akan memanggil lagi berbagai memori bersama dia dan membangkitkan lagi perasaan kita. Curhat sih boleh diawal-awal kita putus, tapi saat kamu ingin melupakan pastinya kamu udah curhatin segala macem tentang kesedihan kamu diawal-awal kan? Oh satu lagi, ngetwit tentang dia juga sebaiknya dihindarkan.

Denger lagu lagu slow sebenernya ga apa-apa selama lagu itu ga memicu perasaan lama kamu, hindari lagu-lagu kalian berdua. Biasanya kalau pacaran punya “our song”, hindari denger lagu ini. Jangan terbawa galau apalagi sampai nangis-nangis waktu dengerin lagu kalian berdua.

3. Jangan mikirin.

Sekali lagi kuasai pikiran kamu, pikiranlah yang akan memicu perasaan kamu. Sama seperti seorang artis yang harus menangis, biasanya mereka memikirkan hal-hal yang menyedihkan lalu akhirnya akan sedih dan menangis. Jadi sumber perasaan galau kamu adalah pikiran kamu, oleh karena itu kuasai pikiran kamu. Saat sendiri, malem minggu, bengong, lalu baca twit galau saya saat acara GG MU (Galau Galau Malam Minggu), dan kemudian pikiran kamu mulai mengingat-ingat lagi si dia, sadari bahwa pikiran tersebut ga berguna dan cepat hentikan. Kamu bisa memilih apa yang ingin kamu pikirkan. Bisa juga kamu melakukan hal lain yang membuat pikiran kamu fokus 100% ke hal tsb, maen game yang seru misalnya.

4. Jangan cari pelarian

Pelarian ke temen, game, atau hobi sih ga apa-apa tapi kalau pelarian ke cewe/cowo lain ini yang ga boleh. Kenapa? Karena percuma! kalau kamu pengen cepet move on caranya adalah dengan membenam dulu memori kamu tentang dia sampai memori tersebut tidak otomatis muncul dan tidak dikaitkan dengan perasaan tertentu, seperti waktu kamu ngeliat saya ngajar, kosong aja tanpa perasaan (agak susah buat mahasiswi kalo contoh saya yah)…ya seperti kamu ngeliat dosen lain lah, hahaha!! Nah pelarian biasanya akan membuat kita secara otomatis membandingkan mantan kamu dengan pacar baru kamu, selama masih ada perasaan dengan mantan kamu pastinya yang ada kamu malah jadi semakin galau. Akui aja, setiap punya pacar baru pasti kita pernah sedikit atau banyak, sengaja atau ga sengaja, membandingkan dia dengan mantan-mantan kamu.

Berharap orang lain bisa membantu kamu move on eh taunya malah makin galau. Soal move on ini, kamu ga bisa minta bantuan siapapun, kalau kamu mau move on dengan cepat kamu sendiri yang bisa membantu diri kamu sendiri. Lagian kasian kan orang yang dijadiin pelarian.

5. Inget terus kejelekan dia.

Satu-satunya yang boleh kamu pikirin tentang mantan kamu adalah kejelekannya dia. Prinsipnya sama, pikiran kamu akan memicu perasaan kamu, kalau yg kamu pikirin adalah kebaikan dia maka galau lah kamu jadinya, tapi kalau yg kamu inget-inget adalah kejelekkannya maka perasaan kesel lah yg muncul. Soal kejelekan juga bisa kamu tulis, kamu ceritain ke sobat kamu, atau kamu twit tanpa mention heheh. Tapi hati-hati juga, jangan sampai saat mengingat kejelekan dia misalnya waktu berantem ama dia, eh taunya malah kamu merasa menyesal karena setelah kamu pikir-pikir ternyata waktu berantem itu adalah kesalahan kamu, jangan kesana mikirnya nantinya malah jadi menyesal. Ga usah dipikirin soal dianya, toh dia itu udah bukan urusan kamu, apa yg dia rasain saat ini atau dulu udah bukan urusan kamu lagi! Jadi kali ini keras kepala dan merasa benar sendiri adalah perlu demi kebaikan kamu agar bisa move on. Pasti semua orang punya kejelekannya, pasti kalian pernah berantem, pasti kalian pernah saling nyakitin, pasti ada sesuatu yg ga kamu suka dari mantan kamu, mungkin cemburuan, galak, keras kepala, ga pengertian, dan lain-lain. Kamu pacaran ama orang kan bukan ama malaikat.

Memori kamu tentang kejelekannya dia, bisa juga kamu pake untuk menetralisir perasaan yang muncul akibat misalnya ga sengaja ngeliat dia lalu muncul perasaan menyesal, sedih, kehilangan, kangen dan perasaan-perasaan membunuh lainnya. Inget, kamu yg menguasai pikiran kamu! Segera sadar dan inget-inget kejelekannya dia, dengan begitu perasaan galau membunuh itu akan hilang diganti dengan perasaan ingin “membunuh” dia, hahahah.

Nah jadi untuk move on dengan cepet sebenernya hanya perlu 5 hal diatas. Intinya adalah memblok kebiasaan cara berpikir kamu terus menerus sehingga pikiran kamu secara otomatis tidak mengambil jalur lama. Maksudnya gini, kalau dulu segala sesuatu yg berhubungan dengan dia otomatis diasosiasikan dengan perasaan senang, cinta, kangen, dan sejenisnya (jalur lama). Nah cara berpikir seperti itu yang dicoba diubah dengan cepat, sehingga segala sesuatu yg berhubungan dengan dia tidak lagi diasosiasikan dengan perasaan-perasaan cinta dsb (jalur baru).

Tentunya semua tergantung waktu dan seberapa keras keinginan kamu untuk move on, artinya kamu udah bener-bener yakin pengen cari yg lain. Kenangan tentang mantan kamu pasti ga bakal ilang 100%, saya juga begitu (cieee si bapak….), tapi yang penting adalah kenangan itu tidak lagi dihubungkan atau diasosiasikan dengan perasaan-perasaan cinta lah, kangen lah, nyesel lah, dsb. Nanti lama-lama kenangan itu menjadi bagian dari kenangan masa kecil/masa lalu kamu yang indah, tanpa sedikitkun memicu perasaan-perasaan sayang dan sebagainya yg muncul, sama seperti kenangan indah masa kecil kamu saat misalnya pertama kali ke sekolah.

Nah nanti tinggal kamu sambung lagi komunikasi dan silahturahmi yg sempet terputus. Ga susah kok, tinggal bilang maaf, bilang alasannya, dan bilang kalau sekarang udah ga apa-apa berhubungan lagi tapi sebagai teman aja. Saya sendiri masih berhubungan baik dengan manta-mantan saya tanpa ada perasaan apapun dari mantan yg pertama hingga mantan ke 58…………HAHAHAH!!! (Boongnya keterlaluan ih si bapak)

Perihal ivandiryana
Dosen juga manusia

39 Responses to Tips Move On Dengan Cepat

  1. ariatum mengatakan:

    i just read it, nice thought sir !
    agree kalo segala semuanya berawal dari pemikiran jadi perasaan.
    btw mantan cuman 1 aja ngakunya 58.. haha !

  2. sangat setuju dengan nomer 4.
    untuk nomer 1 sampai 3, masih sedikit beda paham. tapi bener juga sebenernya.
    nomer 5 adalah cara paling efektif. HAHAHA!

  3. ivandiryana mengatakan:

    1-3 intinya sih menimalisir pokiran kita mengakses memori ttg dia, semakin jrg liat denger atau ngomongin, semakin jarang pikiran ttg dia diakses diotak, makin cepet lupa. Sama kayak pelajaran lah, makin sering kamu baca (liat), makin sering kamu diskusiin, dst, pasti ga bakal cepet lupa. Tapi kalau selesai kuliah trus ga pernah kamu baca, diskusi, pikirin dll, lalu minggu depan saya tanya lagi materi minggu lalu pasti lupa.

  4. hana veirliza mengatakan:

    tetep susah buat move on :’(

  5. ODiiiiT mengatakan:

    membantu banget niihhh pak…
    thank’s yah…

  6. elsa mengatakan:

    hahhaha.., setuju bgt pak! Saya lg galau, pengen move on, saya mikir cara move on paling ampuh., eh apa yg ada dipikiran saya sama dg yg bpk posting..hahaha

  7. radinal mengatakan:

    yhanks tips nya , ngebantu bnaget buat gue yang lagi galu hheehe

  8. Dalma Wafa mengatakan:

    Keren lah.. Moga berguna buat saya

  9. Zhafira mengatakan:

    Pak, aku udah mau move on :’( dia itu nyakitin aku dan putus.. Tapi dia bilang dia nyesel banget.. Dan janji gak pernah ngulangin lagi.. Tapi pas kita baikan, dia malah berubah, kembali seperti dulu lagi.. Pingin move on lagi :’( cuman gak bisa.. Tiba2 terlanjur sayang lagi :( gimana dong?

  10. dadoen mengatakan:

    thanks untuk tipsnya,,
    sangat membantu sekali yang nomer 5,,

  11. Rizky kurnianti mengatakan:

    Mkasih msukan”nya ya pak.saya udh hampir 2 mggu dputusin dgn alasan yg nggak selayaknya itu yg nggak saya terima sampe skrng jd gmn ya biar cepet” ngilangin dia dari otak saya?

    • ivandiryana mengatakan:

      Jgn perdulikan alasannya, apapun alasannya dia, dia tetep pergi, dan tetap aja menyakitkan. Diputusin itu ga pernah enak, apapun alasannya. Jadi ga usah perdulikan alasannya, yg penting kamu harus nerima kenyataan kalau dia udah bukan siapa2 kamu dan kamu harus move on.

      Emangnya kamu mau, dia senang2 stlh mutusin kamu dan mungkin udah ada calon pengganti kamu, sementara kamu sedih sendiri meratapi nasib? Move on, sekali pernah pacaran artinya ga susah buat cari yg baru.

  12. @agoenk_f mengatakan:

    Mantep ne tipsnya, pas “ngena” sama yang di pikiranku :D , thx Pak :)

  13. Luar biasa pak jurus-jurusnya. Tapi kesulitan saya ketika hampir 100% berhasil tidak memusingkan dan memikirkan si mantan, tiba-tiba aja kenangan indah dan sifat-sifat positif dia muncul di otak. Jadi lumeeerr lagi deh pak. Cara menstabilkan pikiran kita gimana ya pak?

    • ivandiryana mengatakan:

      Biasa itu sih, otak kamu udah biasa mengakses hal2 indah ttg dia. Kalau saya, begitu nyadar kalau mulai lumerrr, langsung pikirin yg jelek2nya lagi. Harus sabar, karena namanya juga kebiasaan yah, dulu biasa segala sesuatunya itu indah, kalau kamu lawan terus lama2 bisa netral lagi. Lama-lama otak kamu ga akan secara otomatis mencari-cari kenangan indah dan sifat positifnya dia.

  14. Novi wulandari mengatakan:

    Paaa gimana nih cara move on dari mantan yg sekelas mana 3 tahun lagi:’( apalagi skrg suka liat dia sama pacar barunya. Dia tuh kenapa susah dilupain?! Serius bgt pa pengen move on, tapi pengen temenan juga. Gimana caranya pa?

    • ivandiryana mengatakan:

      Ya susah kalau masih pengen temenan, suka ga suka kamu harus menjauh dulu kalau perlu musuhin dulu yg penting disini kamu bisa kembali normal dan bahagia lagi. Lupain dulu lah soal pertemanan sama dia, kamu pasti masih punya banyak temen yg laen kan? masa cuman dia, sebegitu pentingnya kah dia? Daripada kamu sakit hati memulu lebih baik menjauh aja. Sekelas memang jadi masalah tapi kalau masih pengen temenan justru malah makin parah masalahnya.

  15. saya pernah pacaran serius pak, dan akhirnya saya putus, hampir setahun saya akhirnya bisa move on, dan saya sempet gamau pacaran lagi setelah itu, tapi ada pria yg bisa ngeyakinin saya utk pacaran lagi dan akhirnya saya pacaran lagi setelah saya susah payah move on, setahun saya jalani sama pria tsb dan dy selingkuh pak. ngebuat saya hampir mati rasa. saya bingung mau move on nya gmna pak :’(

    • ivandiryana mengatakan:

      Saya juga pernah diselingkuhin dan justru waktu itu paling gampang buat move on, yang penting inget terus kejelekan dia. Lagian kok mau2nya sih masih nginget2 dia sementara dia senang2 dengan pacar barunya? Come on, kamu terlalu berharga buat orang seperti itu :)

  16. Chesylvia Giofannia mengatakan:

    pak.. kalo saya masih pacaran.. cuma pacar saya skrg berubah,, saya seperti ga mengenali dia lagi… saya harus gimana? jujur saya gabisa akiri smua sama dia :’(

    • Chesylvia Giofannia mengatakan:

      saya terlanjur saaaayaaaaaang.. sama dia :(
      bahkan kami sudah merencanakan hal indah di masa depan

      • ivandiryana mengatakan:

        Coba bantu yah, pertama pastiin bahwa memang dia yg berubah, bukan hanya perasaan kamu aja bahwa dia berubah. Kalau hanya perasaan kamu aja lebih baik buang jauh2 itu pikiran. Kalau ternyata kamu yakin dia berubah nah ini bisa coba kamu komunikasikan baik-baik dengan dia, ajak diskusi baik-baik jangan sampai malah jadi kacau diskusinya. Saya sih jujur aja, umumnya nih, cowo tuh berubah karena beberapa hal, lagi asik ama kesibukan barunya, lagi jenuh, atau ada cewe lain.

        Ga usah takut kehilangan deh, makin kamu takut kehilangan dia biasanya malah jadi bener2 ilang loh dianya. Harus pinter maenin perasaan cowo, jangan dikasih semua yg dia minta, harus pinter tarik ulur, harus pinter memainkan kartu, tujuannya supaya kamu tetap menarik didepan dia. Kalau dia merasa aman, merasa kamu ga akan kemana-mana, kebanyakan cowo jadi ga merasa tertantang dan jenuh dengan hubungan kalian. Ga usah takut kalau sampai harus pisah, saya aja pacaran pernah sampai 13 tahun lebih, trus putus tapi kita masing2 bisa move on kok.

      • Chesylvia Giofannia mengatakan:

        beberapa jam yg lalu ada yg blg sma saya dia tiap hari BBMan sdgkan saya ga pake blackberry dan saya juga skrg jarang komunikasi sama dia.. apa mgkn dia ada yg lain ya pak,, :( saya takut saya ga sanggup :(

      • ivandiryana mengatakan:

        Wah saya ga bisa bilang apa-apa, tapi seharusnya sih jangan takut. Semua juga pernah ngalamin seperti ini dan kalau dihadapi dengan baik nantinya juga bakal ga apa2.

      • Chesylvia Giofannia mengatakan:

        iy pak… saya hanya bisa berserah diri pada tuhan…

        terimakasi banyak pak :)

  17. farah mengatakan:

    Makasih :)

  18. diah mengatakan:

    Terimakasih

  19. pemain catur mengatakan:

    ah si bapak bisa wae… jgn nongkrong di tempat main catur ya pak, ntr keingetan dijemput pake jazz silver ya pak :-D

  20. charmers mengatakan:

    pengen move on dari dia tp susahnya setengah mati…

  21. Dini Agnesa Ph mengatakan:

    izin share ya pak :)

  22. yoha cuthbert mengatakan:

    ada yg ke 6 nih pa, “tiap malem minggu nonton BPL” biar ga inget nostalgia malmingan sama doi hohoho :P

  23. Zmua c bza d lkukan ynx zulit kya’a tu n0mer 5 krna kliatannya dia itu ga punya kjelekan

  24. Milenia Andini mengatakan:

    Wahh, bisa tuhh gw coba untuk Move On dri Mantan gw….:-)

    Saiikk….:-):-)
    Moga gw berhasil move on dia….;-)
    Cihuyy …

    #Ahaiideee…

  25. Yoga prasetiyo mengatakan:

    Sharenya bermanfaat buat saya ,mksih bgt ya

  26. Sofia mengatakan:

    Boleh juga..
    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: